Follow the Entrepreneur Leader : )

Rabu, 19 Agustus 2009

Di Luar Pakem itu Unik

Ass.Wr.Wb
Salam Damai dan Sejahtera

Akhir-akhir ini saya sering disibukkan dengan pengalaman-pengalaman yg Unik.
karena setelah terlalu sering jalan-jalan / on bisnis, saya harus kembali in bisnis, untuk perbaikan sistem di usaha saya (www.orysu.com).
sebelum melihat kedalam lagi usaha saya, saya sering melihat keluar untuk memasukkan influence2 kreatif di usaha saya dan hal-hal yg selalu segar. untuk itu saya sering mencari-cari influence kreatif tersebut.

karena keliling2 surabaya kok tidak ketemu-ketemu, akhirnya yah saya alihkan untuk lebih care, saya keluar sama Cewek saya, untuk sekedar nonton bioskop/makan bareng, ketemu tmn2nya n jln2 di mall.upz ternyata mulai bisa dirasakan influence itu...
terakhir saya telah nonton bioskop, film G.I. JOE, Merah Putih, Merantau..

dr 3 Film Tersebut, GI Joe menawarkan KEcanggihan teknologi yg benar2 support Film Tersebut, sedang di Film Merah Putih rencananya sepertinya menggugah Nasionalisme, namun dr Awal hingga akhir...mgkn juga karena nantinya Trilogi jd di Merah Putih ini Masih sedikit hal ttg Nasionalisme yg bisa saya raih kecuali saat mendekati ending2nya. sedangkan Merantau, wow Surprise, ada film Indonesia yg mengangkat humanisme dan keluar pakem lagi, dimana film ini menyentuh emosi penonon bgt, dan juga Lakon-Yuda ternyata meninggal di akhir Film setelah berjuang menyelamatkan seseorang yg baru dia kenal. di kebanyakan film pada umumnya Lakon/tokoh Protagonis kebanyakan happy ending selalu menang dan sukses, tp di Merantau ini keren perjuangannya dan tokoh utama meninggal di akhir...okey Good Salut for Merantau movie..



kemudian karena bisnis banyak dipegang pegawai2q dan berjalan, saya akhirnya memang kebanyakan sering nganggur..dan ternyata, bener2-menganggur meski dpt duit ternyata membosankan bgt..
pengen kluar kadang terbentur juga ntar membosankan klo gkda tujuan keluar...wah2 gawat membosankan sekali nganggur, hingga suatu ketika eh buka FB ada pagelaran Wayang multi kultur di Hallo Sby-bekas RS.Mardi Santoso... ternyata saya yg bkn penggemar wayang, karena ingin mendapatkan ide segar lg, dan hal2 kreatif di skitar kita, yah akhirnya saya menyempatkan dtg dan melihat Pagelaran wayang Tersebut.

Hebat, tiga Dalang Sekaligus Ki.Jayus (etnis Arab), Ki.Tee bing (Etnis Tionghoa), Ki.Enthus( Etnis Jawa) diapadu dg tampilan Barongsai dan Reog Suroboyo...wah ini yg aq tunggu2 dr kmarin2...trnyata nyantol nya ada acara kreatif di Wayang yg merupakan pagelaran peringatan 17 Agustus-kemerdekaan bangsa kita. slaen acaranya dikemas Kreatif karena menampilkan unsur2 multi etnis dan dalang multi etnis, ini menyiratkan pesan yg luar biasa dalam, yakni keberagaman antar etnis, budaya di Indonesia.ini yg ku suka!! ditambah lagi, unsur kretaif tiba-tiba muncul dr sanga dalang yg mulai mensitir Hadis-hadis-ayat suci Al Qur'an, kemudian mengeluarkan dialek-dialek bahasa Jawa yg sgt Halus, Bahasa Suroboyoan dan bahasa Madura serta bahasa Tionghoa..wuih keren... dan nggak cuman mpe disitu..ternyata ada yg mengeluarkan jurus sampe keluar pakem pagelaran Wayang, dimana Ki Enthus Berkelahi dg Wayangnya sendiri yg dimaenkan..hahahah ide segar dan hebat.




Alhamdulillah..segar Otak q Kembalai Fresh dg aktivitas yg kujalani.. saatnya masuk ke dalam bisnis..
namun, di saat kembali ke usaha saya, saya merasakan atmosfer yg bener2 parah, dimana ternyata salah seorang pegawai saya sudah mulai melakukan semua yg biasa saya lakukan dan ngambil keputusan dg caranya sendiri.tnpa mengajak diskusi/ngasik progres laporan ke saya. ada juga saya temui kesalahan2 teknis seperti kesalahan desain dsb, untuk itu, saya tularkan aspek2 kreatif yg saya terima di luaran saya masukkan di usaha saya.

Solusi yg saya keluarkan akhirnya saya coba Sederhanakan Sistem, dan kembali mengajak 'Meeting" rutin yg pada dasarnya, mengingatka peran dan fungsi masing2 karyawan dlm tim, kemudian me-remind lg soal Visi-Misi dll
sehingga harapan saya Sistem bisnis ini bisa segera Jadi dan akhirnya saya bisa bener2 On Bisnis lg dalam bisnis saya, dan bisa memperluas bidang usaha yg lain.

Ternyata Kesimpulan saya, ternyata bisnis memang bener2 melalui Fase yg berbeda2
dimana pada fase2 tertentu kita akan mengalami hal yg demikian td saya ceritakan..
Semoga dg ini sya belajar..cz , "By Amending Our Mistake, We Get The Wisdom"

Okey tetep Semangat
Salam Sukses Buat Semua

Rony Orysu
www.orysu.com
www.javaetnik.com
www.ukmjatim.com

Tidak ada komentar: