Follow the Entrepreneur Leader : )

Sabtu, 30 Mei 2009

Bisnis itu ACtion, Bisnis itu Berbagi



Assalamu alikum Wr.Wb

Salam Sejahtera..
Kawan


Banyak Hal yang bisa saya catat dari perjalanan bersama rekan-rekan saya, kami sebutnya MM ILO yang sering menghadiri undangan untuk forum diskusi Entrepreneur.
mulai dari Ngisi Materi di Rumah Zakat Surabaya, LEC (Lamongan Entrepreneur Club), serta yang paling baru kemarin di Entrepreneur club STIE Perbanas Surabaya.

kemudian, karena semakin banyaknya keingintahuan rekan-rekan lain untuk mulai action dan berbisnis... serta memahami prinsip-prinsip entrepreneurship.

saya akan coba kupas dalam tulisan berikut ini, perihal pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dan jawaban yang biasa saya berikan dalam sebuah materi diskusi kewirausahaan.

okey, let's check it out :

1. Bagaimana cara melihat peluang usaha itu bagus tidak ?
==> coba Anda cermati, Lihat Berapa Besar Profit yang bisa dihasilkan oleh sebuah peluang usaha itu, dan seberapa besar anda mampu menanggung rugi dari peluang usaha tersebut ketika anda jalankan.
saran saya, ketika anda baru memulai mencoba sebuah usaha, coba cari yang resiko kerugian bila gagal tidak terlalu berat dan membuat anda tidak terlalu terpukul bila memang harus menanggung kerugian tersebut.

2. Bagaimana Caranya mencari Modal karena saya kan masih tidak punya uang banyak, karena saya kan masih mahasiswa ?
==> Bayangkan modal itu bukan hanya uang, misal harus uang - bayangkan 20 teman anda punya uang 100rb aja yg nganggur, gimana cara nya anda meyakinkan. ya, kuncinya ada pada Kredibilitas anda untuk membuat orang memiliki Trust kepada anda.kemudian sampaikan maksud dan tujuan anda tersebut, bisa lesan, bisa dengan sebuah proposal/business plan yg detail tentang berapa modal yang anda butuhkan, berapa lama itu akan bisa anda kembalikan, berapa bagi hasilnya... tnyakan pada rencana bisnis yang anda bikin. tunjukkan Kredibilitas anda, yakinkan dengan Sikap-presentasi, tulisan anda. Anda Pasti juga Bisa dengan modal Rp. 0 ,- anda jalankan bisnis anda.

3. Bagaimana saya bisa memulai berbisnis dan memiliki mental Baja dalam BerBisnis?
==> Yakinkan pikiran anda-bahwa Andapun Layak jadi Pengusaha. So, jalan dengan otak kanan dulu, baru seimbangkan dengan otak kiri. karena bila terlalu banyak mikir...Yakinlah, usaha anda pasti tidak akan jalan kalo' cuman dipikir melulu.

Agar Mental anda Baja-Siapkan Benar Mental Anda, rasionalkan prinsip-prinsip dan pemahaman yang mendukung anda berbisnis. misal : ada sebuah HAdits "Yadul Ulya Khairun Min Yaadissufla" = Tangan Di Atas Lebih Baik daripada tangan di bawah,berbisnis itu juga berbagi...bisa membuka lapangan kerja baru dll. so, cari mimpi terbesar anda, cari keinginan-keinginan yang ingin anda wujudkan dengan bisnis yang anda bangun. So, Terjunlah--nyemplung sekalian untuk berbisnis, jangan setengah-setengah, jadi pada poinnya, anda harus terbentur dengan masalah-goncangan-goncanagan dalam berbisnis yang akhirnya nanti bisa membuat anda lebih bisa jadi pengusaha tangguh dan bermental Baja.


4. Bagaimana Bila saya Jatuh? apa yang bisa memotivasi saya bangkit?

==> Siapkan diri anda dengan segala resiko yang akan menimpa diri anda dari peluang usaha yang anda pilih. sehiingga bila jatuh-pun anda juga sudah siap dan tidak kaget.

yang akan selalu memotivasi anda untuk bangkit adalah, OTAK anda sendiri...jadi 'rangsang' secara positif otak anda, 'bohongi' otak anda agar secara tak sadar, bahwa kegagalan yang anda alami juga bukan anda alami sendiri. Visualisasikan mimpi-mimpi anda sehingga akan jadi rangsangan alam bawah sadar yang bagus yang akan membawa anda terus Berjuang meraih Mimpi-mimpi anda. meskipun berulang kali masih belum berhasil dalam berbisnis...seperti semangat yang dicontohkan oleh para penemu-penemu besar seperti Thomas Alva Edison-yg dengan 999 x percobaan gagal, akhirnya 1 kali percobaan terakhirnya mampu menerangi dunia hingga saat ini.
kemudian cari komunitas yang sevisi agar ketika anda jalan anda bisa belajar dari rekan-rekan komunitas bisnis anda, ketika anda jatuhpun-masih banyak yang bisa support anda..dan mungkin saja membantu anda/memberikan sebuah masukan positif untuk anda bangkit.

5. Saya sudah Berbisnis, Gimana caranya agar saya punya Brand sendiri? perlu nggak? karena saya ingin Brand saya dikenal luas.

==> Punya Brand Sendiri - Sangat Perlu !! tp pertanyaannya adalah, kpn waktunya?
tanya pada diri anda sendiri dulu..apakah produk yang diterima Brand minded/cheap, model anda the others...
kalo anda sudah berhasil menjadi agen/dsitributor, yah...jalan dulu saja, semoga bisa stabil dulu usaha sebagai jaring distribusinya/agenya saja.
baru untuk complementnya produk yang anda distribusikan barangkali anda bisa bikin Produk dengan Brand Anda sendiri, yang arahnya mungkin bisa jadi very different, dengan yang udah ada.

untuk dikenal luas, so...Promote! Promosi dan promosi... harus menyasar Online dan Offline juga. perbaiki desain, tagline, pengemasan ketika desain logo/brand anda diaaplikasikan di sebuah produk jadi. selalu perkuat brand anda kemanapun anda pergi dalam forum bisnis/apapun forum itu yang memungkinkan/menunjang brand anda lebih dikenal...yah promosikan juga.


6. Saya ingin belajar bisnis lebih dalam, enaknya kemana ya?

==> banyak diluaran sana, program-program bisnis yang ditawarkan oleh sekolah-sekolah entrepreneur. sebut saja Entrepreneur University, Swastika Prima dll anda bisa belajar dengan para mentor-mentor yang telah disiapkan oleh kampusnya masing-masing. bisa juga dengan cari buku-buku dan bacalah buku tersebut yang merupakan reerensi dari pengusaha-pengusaha sukses, gali info di internet dll.
kalo' gakmau pake cara itu, pake' cara yang gratisan, daateng aja ke komunitas.. setahu saya ada SEC(Surabaya Entrepreneur Club), ada TDA (Tangan Di Atas), Ada KUBIK (Komunitas UKM Binaan Kota Surabaya), ada UKM JATIM (Komunitas pengusaha UKM Jawa Timur), anda search itu beberapa juga sudah ada website nya dan milisnya, anda cari ilmu-ilmu dari sharing para membernya, anda cari ilmu-ilmu dari ketemuan offline-nya...tapi Harus Anda Barengi ACTION - So, You Can Street Smart.

7. Bagaimana caranya berpameran yang level nasional? dan bisakah itu gratis?

==> Anda harus update info-info dari berbagai media, berbagai info pameran dari subsidi pemerintah..biasanya ada. kunjungi P3ED jawa timur di jl.kedung doro, kemudian kunjungi Disperindag Surabaya di Jl.Arif rahman Hakim, Disperindag Provinsi di jl.siwalan kerto, kunjungi dinas koperasi dan umkm surabaya maupun provinsi dan saran saya ini juga berlaku buat anda yang berada diluar surabaya, cari instansi itu di kota anda. dengan cara itu anda akan lebih tahu informasi dan anda harus ikuti
agar anda bisa dipercaya juga ikutan even mereka.

Okey sekian dulu yang ingin saya sharingkan dalam tulisan kali ini. Semoga Buat rekan-rekan yang mau melangkah berbisnis, dapat manfaat dari tulisan saya diatas.

Semoga Sukses dalam Bisnis Masing-masing...dan Mari saling Mendoakan
mohon masukan buat yang baca bila ada kekurangan.

Terima Kasih

Maju terus pengusaha Indonesia

salam

Rony Orysu
www.orysu.com

1 komentar:

sebuah mengatakan...

Format global merupakan awal dari kebangkitan ekonomi krakyatan
http://thestillovina.blogspot.com