Follow the Entrepreneur Leader : )

Selasa, 16 Februari 2010

Entrepreneur Motivasi, Prinsip dasar Entrepreneur for Newbie : )

Ass.Wr.Wb

salam Sejahtera kawan-kawan Wirausaha Indonesia

Motivasi menjadi wirausaha bukanlah sesuatu yang langsung menancap dlm pikiran langsung terukir dalam hati dan teraplikasikan dengan sikap.
banyak kawan-kawan yang memulai bisnis dengan hanya termotivasi dari kata-kata motivasi yang kemudian coba ditancapkan dalam benaknya sendiri, pikirannya sendiri namun yang terjadi, adalah ketika virus "entrepreneur" itu masuknya instan dan ditangkap secara instan - ketika newbie dlm bisnis terbentur keadaan bahwa bisnis tidak semudah membalikkan tangan... banyak yang berguguran, namun di sisi lain banyak juga yang masih tertantang untuk membuktikan dan bahkan menaklukkan tantangan-tantangan yang akan di hadapi dalam dunia bisnis.

Sebetulnya apa yang perlu dilakukan pebisnis pemula untuk menancapkan virus itu agar tidak jatuh dan berguguran lagi, simak tulisan saya berikut ini :

1. Entrepreneur juga Jalan Hidup (Jadi Pahami Maknanya)
dimana : Entrepreneur pun juga salah satu penghasil income agar kita tetep bisa hidup dan mengembangkan diri dalam kehidupan ini, sendiri maupun dengan keluarga besar. bahkan dalam cuplikan sebuah hadits yang sering diangkat dalam forum-forum entrepreneur, dikatakan bahwa, " Bila dijumlahkan 9 dari 10 pintu rejeki adalah dari jalan Dagang/Berdagang". kemudian muncul pertanyaan besar, kalo' begitu, mengapa orang masih banyak yang berebut, bahkan saling jegal, saling tipu, saling hina di 1 pintu yaitu kerja ikut orang ?!



2. Entrepreneur adalah process
dimana : ketika anda ingin berbisnis temukan bisnis yang nyaman dengan style anda, yang bisa anda kerjakan dengan tenang dan jangan pernah berharap anda besar, bisnis dengan sangat sukses tanpa melalui proses yang membuat skill dan knowledge dalam bisnis anda terasah. karena kebanyakan ketika anda instant dalam berproses, sukses dengan instant - jatuhnya pun kelak juga akan sangat instan. karena banyak faktor, mungkin karena anda terlampau puas dan mengabaikan masalah yg kecil/ mungkin anda bener2 memang belum terasah dalam bisnis dll

3. Entrepreneur seperti Kampus Kehidupan
dimana : ketika saya masih kuliah dulu saya merasakan beratnya tugas, diskusi, debat, kumpul2 sampe nginep-nginep untuk studio dan itu bisa saya jalani 4,5 thn hanya untuk mendapatkan gelar sarjana / S 1 / ST padahal belum jelas setelah ST mo ngapain. namun ketika di dunia Entrepreneur saya merasakan ternyata ini sebetulnya semacam kuliah juga dimana saya pun juga tertantang menyelesaikan kuliah saya dalam bisnis namun murni ini praktek dan langsung action. sepertinya inilah street smart process yg harus saya jalani. Dosen saya adalah rekan-rekan, kawan-kawan saya Pengusaha baik yang junior maupun yang senior, kawan saya adalah Partner tim bisnis saya - pegawai saya, teman-teman cangkrukan saya dll. dengan lingkungan yang selalu positif saya percaya dalam 4 tahun pun saya akan raih gelar sarjana saya dalam berbisnis, Yaitu Sarjana Sukses Dunia Akhirat, jadi Pengusaha Muslim muda Sukses :) Aaamin

4. Jaga badan tetap tegak dan kepala tetap dingin, jangan lihat Rumput Tetangga.
dimana : memang banyak sekali tawaran bisnis lain, pekerjaan di kantor orang "serasa rumput tetangga lebih hijau dari rumput di depan rumah kita" dll, kuncinya adalah Motivasi Positif yang harus selalu kita update dan tancapkan terus agar kita bisa tetep sustain dalam bisnis dan bisnis kita exist. semua orang pasti terbentur masalah, jangan pernah berpikir hanya anda saja yang punya masalah, jadi buat tubuh anda tetap tegak sekencang dan seberat apapun masalah menghantam anda, selalu munculkan solusi dalam mengatasinya tetap dengan kepala dingin.

5. Low Profile dan Selalu Kosongkan Gelas anda
dimana : ada filosofi padi yang menarik bagi saya untuk saya ikuti dan mungkin temen-temen juga bisa pakai, bahwa ketika kita sudah banyak pengalaman, ilmu dan materi dari bisnis bukan hala yang layak menjadikan diri kita semakin sombong dengan apa yang kita punya dan apa yang kita dapatka. ilmu padi mengajarkan pada kita padi semakin berisi semakin merunduk..hal itu seharusnya merupakan hal yang sangat patut kita tiru, karena apapun yang kita miliki dengan kerja keras kita itu semua hanyalah titipan Allah untuk kita, dan misalkan kita kena sifat sombong toh nantinya kita pun juga akhirnya mati, dan dikubur sendiri-sendir tanpa anak istri tanpa materi. Jadi ketika anda jadi pengusaha sebaiknya berlakulah yang wajar seperti ketika belum jadi pengusaha yang sukses, tetaplah menjadi orang yang "membumi" dan low Profile...sehingga anda pun tidak akan segan untuk selalu "mengosongkan gelas anda" / pikiran anda sehingga mudah menerima masukan, input, sharing pengalaman dari orang lain agar kita semakin matang menjadi entrepreneur sejati. entrepreneur yang suka berbagi dan menerima segala luapan kritik, amanah dan bermanfaat buat banyak orang sepeti prinsip-prinsip yang agama ajarkan pada kita semua.

Jadi bagi anda yang sedang sibuk berbisnis mari semakin hari semakin introspeksi dan selalu menambah motivasi diri dan semampu kita menginspirasi orang di sekitar kita.



Semoga jalan Entrepreneur yang telah / akan anda jalani merupakan Jalan terbaik bagi anda, Saya dan kita semua... Aaamiin.

Wslm.Wr.Wb

salam Entrepreneur Indonesia


Rony "Orysu" Ardiyanto
www.orysu.com
www.wenmit.com
FB : rony orysu

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice article mas Rony. Salam sehat sukses berbisnis bahagia berkeluarga

WURYANANO mengatakan...

Waw... tulisan yang luar biasa prima! Penting dibaca oleh para Entrepreneur Sejati, untuk mengingatkan hakekat jadi entrepreneur, sehingga entrepreneur gak hanya tau syariat nya saja, namun sudah lebih mengarah ke pemahaman hakekat nya.

Salam Sukses Penuh Berkah Selalu,

Wuryanano
Inspirational Blog - Support Your Success

Entrepreneur Campus - Support Your Future

WURYANANO mengatakan...

Waw... tulisan yang luar biasa prima! Penting dibaca oleh para Entrepreneur Sejati, untuk mengingatkan hakekat jadi entrepreneur, sehingga entrepreneur gak hanya tau syariat nya saja, namun sudah lebih mengarah ke pemahaman hakekat nya.

Salam Sukses Penuh Berkah Selalu,

Wuryanano
Inspirational Blog - Support Your Success

Entrepreneur Campus - Support Your Future