Follow the Entrepreneur Leader : )

Kamis, 07 Mei 2015

Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa

Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa

Assalamu Alaikum Wr.Wb
Salam Bahagia Kawan semua se Indonesia Raya

berbagi-rahasia-sukses-dengan-entrepreneur-muda.html

Ada yang menarik ketika Saya sebagai wirausaha baru, seperti seumur jagung yang ditanam, ketika melihat poster di jalan di dinding kampus terkait seminar ataupun pelatihan wirausaha inginnya ikut terus, apalagi yang gratisan. hehehe mengusahakan waktu dan bila bayar pun berusaha nabung supaya dapat mengikuti agenda tersebut, karena merasa itu pasti ilmu yang bermanfaat dan disitu saya pasti dapat belajar banyak dan bertemu kawan baru sehingga dapat ber-networking. se simple itu pikiran waktu itu.

Ternyata ada salah dan ada benarnya juga. entah kebetulan atau pembenaran saya yang optimal. tetapi memang begini faktanya kawan :
Nah, Kabar baik nya bagi yang merasa itu betul seperti saya jaman itu, ada banyak motivasi dan inspirasi yang saya pasti dapatkan di event tersebut. ada sudut pandang baru dalam menghadapai persoalan dan tantangan untuk memulai jadi Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa
 
Namun KAbar buruknya pun juga banyak, dimana ketemunya motivasi-motivasi ujung-ujungnya membosankan, dapat ditebak endingnya, dan dapat ditebak hanya bertahan beberapa hari dan motivasi itu entah hilang kemana. kabar buruknya lagi motivasinya dapat skillnya belum tahu garis besarnya ntar diapain usaha kalau sudah jalan, bagaimana mengelolanya, bagaimana menumbuhkannya. yah resiko karena keinginan kuat untuk jadi Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa . serta pada waktu itu belum mengenal adanya mentoring - coaching - mentor bisnis.

rony orysu


Asyik dengan pelatihan dan seminar entrepreneur di kampus, ternyata karena ingin belajar ke semua orang, di jalanan pun banyak inspirasi yang mudah didapatkan. asalkan jurus saya dulu sih sederhana, beli barangnya, santun dan ramah lah dalam menyapa, beri senyuman tulus dan ilmu di dapat. dimana saya terapkan ? di JALANAN. ingat ya di jalanan. karena niatnya memang Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa . Ketemu orang di pinggir jalan yang punya usaha saya tanyain, ketemu orang di warung kopi saya ajak ngobrol dll. contoh nih sedikit inspirasi yang mau Saya bagi kali ini :
"mampir deket rumah kontrakan dulu pas masih mahasiswa, ada PKL satu jualan koran  dan majalah, satunya jualan minuman Legen minuman khas dari Tuban dan kota-kota pesisir lainnya biasanya. ALhasil disitulah tempat ngumpulnya para pedagan PKL pas jam-jam tertentu, dan sederhana sekali saya membuka obrolan untuk bertanya kiat usaha disitu. agak siang dikit pas nggak ada jam kuliah mampir beli koran sambil minum es, atau kadang minum es sambil baca-baca gratis karena beberapa kali mampir jadinya gitu deh dapat gratisan kalo cuman baca doang gak dibawa pulang hehehehe. Mulai deh tanya - tanya ke penjual Es dimulai :
Saya : pak kalau jualan es per hari biasanya ngehabisin berapa jerigen ?
PKL : yah sekitar 4 Mas nggak lebih.
Saya : lalu mampu dapetin duit berapa kalo satu bulan ?
PKL : wah kalo 1 bulan naik turun mas dapat nya..
Saya : ooooo... nah kalo harian atau mingguannya gimana ?
PKL : ini neh mas catatan yang saya pake...
SAya : wow banyak juga ya mas...sampek hampir 100rb/hari
PKL : yah Alhamdulillah mas
Saya : bagi Saya yang masih mahasiswa ini keren mas udahan :)
PKL : tapi ya masih kecil mas usaha ini.
Saya : moga lekas besar usahanya mas dan makin besar untungnya

sekilas inspirasi wirausaha itu terlintas, ternyata dengan bermodalkan hal / langkah yang sederhana saja, jualan di pinggir jalan buka lapak jualan es tanpa bayar stan, tanpa harus berdandan rapi layaknya orang kantoran, PKL di jalanan meski di tempat yang relatif sepi dapat meraih uang dalam 1 bulan bersih setara bahkan lebih dari UMR Jawa Timur saat ini.dan bagi kamu yang tertarik Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa . udah nggak usaha banyak bingung, ketakutan dan bermain perasaan dalam diri sendiri, buang jauh-jauh tuh ego, nikmati berkomunikasi di jalanan dengan orang lain, tumbuhkan jiwa saling menghormati, kalau kamu mau belajar wirausaha dengan cara gratisan seperti yang pernah saya jalani dulu. kuncinya mau belajar mendengar dan sedikit bicara, lalu bersikap santun dan menghormati sesama, kemudian beranilah menyapa duluan dengan disertai keramahan dalam tutur kata, dan sikap.

Selamat mencoba dan selamat berjuang menjadi Wirausaha Mandiri - Belajar Wirausaha Jalanan ala mahasiswa .

Wassalamu Alaikum Wr.Wb
Salam Bahagia Kawan semua se Indonesia Raya




Tidak ada komentar: